Laporan Hukum dan HAM YLBHI Tahun 2019 : REFORMASI DIKORUPSI OLIGARKI

Keterangan :

Laporan Hukum dan HAM YLBHI adalah dokumentasi bantuan hukum/advokasi yang dilakukan 15 kantor LBH di 15 Provinsi dan pengurus YLBHI.


Sitasi :

LBH-YLBHI. 2020. Laporan Hukum dan Hak Asasi Manusia YLBHI 2019 : Reformasi Dikorupsi Oligarki. Jakarta: YLBHI

Tahun 2019 adalah tahun penuh kekerasan. Para Pengabdi Bantuan Hukum di seluruh kantor LBH Indonesia bahu membahu membela, menyuarakan, mendampingi masyarakat dan saling menjaga menghadapi kebuasan rezim investasi. Catatan akhir tahun ini yang kami rangkai dengan Laporan Pelanggaran Hak Asasi Manusia selama tahun 2019. Tentu tak seluruhnya cerita muram, ada berita suka cita seperti terbentuknya kantor project base di Palangkaraya bernama LBH Palangkaraya dan kemenangan-kemenangan penanganan kasus. Tahun ini juga ada beberapa pergantian pimpinan kantor LBH Indonesia. Direktur LBH Banda Aceh yang sebelumnya dijabat Mustiqal Syahputra digantikan oleh Syahrul Putra Mutia untuk periode berikutnya. Sementara itu LBH Manado yang selama setahun terakhir dipimpin tiga orang PBH, yaitu Jekson Wenas, Aryati Rahman, dan Frank Kahiking sudah menetapkan Direkturnya tahun ini yaitu Frank Kahiking. LBH Papua juga telah memilih Emmanuel Gobay untuk memimpin LBH Papua menggantikan Simon Pattiradjawane yang telah berakhir masa jabatannya. Terakhir, Aryo memimpin LBH Palangkaraya sejak diresmikannya kantor ini pada 25 Juli 2019.

Proses regenerasi di kantor-kantor LBH terus berjalan. Di luar pergantian direktur, 15 kantor LBH rutin menyelenggarakan Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu) khususnya dua tahun terakhir. Sedangkan kantor LBH Palangkaraya telah menyelenggarakan Kalabahu sebelum diresmikannya kantor tersebut. Kalabahu merupakan ruang untuk berbagi pengetahuan, gagasan, keterampilan, diskusi, analisa, dan menanamkan pengetahuan tentang bantuan hukum struktural dan hak asasi manusia kepada para peserta yang sebagian akan menjadi Pengabdi Bantuan Hukum di 16 kantor LBH Indonesia. Pada tahun 2019 tercatat 490 orang dididik sebagai peserta Kalabahu di 16 kantor LBH.

Tahun 2019 juga tahun kehilangan dan duka bagi keluarga besar YLBHI karena wafatnya dua orang Pembinanya yakni Aristides Katoppo dan August Parengkuan. Para wartawan senior berdedikasi ini kerap menyampaikan masukan dan kritiknya dalam forum-forum Rapat Kerja Nasional YLBHI.

  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • info@ylbhi.or.id
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu