Outlook Kebebasan Beragama Atau Berkeyakinan di Indonesia Tahun 2020

Keterangan :

Outlook ini Disusun oleh:

YLBHI, Paritas Institute, HRWG, LBH Jakarta, GUSDURian, PUSAD Paramadina, LAKPESDAM PBNU, dan beberapa Individu pegiat Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan


Sitasi :

YLBHI, Paritas Institute, HRWG, LBH Jakarta, GUSDURian, PUSAD Paramadina, LAKPESDAM PBNU, dkk. 2020. Outlook Kebebasan Beragama Atau Berkeyakinan di Indonesia Tahun 2020. Jakarta; Koalisi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan.

Jaminan hukum untuk Hak untuk Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan (KBB) di Indonesia telah  mengalami kemajuan amat penting sejak demokratisasi dimulai pada 1998. Meskipun demikian,  beberapa bagian kerangka hukum yang bermasalah sejak awal, perkembangan baru dalam  perumusan undang-undang maupun regulasi, serta penanganan negara atas isu-isu terkait  membuat kondisi KBB di Indonesia sulit maju, jika tidak mundur. Memasuki tahun 2020, dan  menandai awal Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, ada beberapa catatan penting yang dapat  dikemukakan untuk memajukan KBB.

Outlook ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, sebagai pengamatan umum, ada catatan mengenai  terjadinya peningkatan dan perluasan pelanggaran hak KBB dalam beberapa bentuknya. Bagianbagian berikutnya menggarisbawahi dua tren utama yang penting diperhatikan pemerintah pada  tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya. Yaitu politik pengutamaan atas dasar agama, yang  mengarah pada diskriminasi, dan makin kuatnya pendekatan keamanan dalam politik agama secara  umum, khususnya terkait jaminan KBB.

  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • info@ylbhi.or.id
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu