Petunjuk Teknis Bank Dunia No. 80 Pemukiman Penduduk Secara Terpaksa Dalam Proyek-Proyek Pembangunan

Keterangan :

Buku merupakan koleksi di perpustakaan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.


Sitasi :

Cernea, Michael M. 1990. Petunjuk Teknis Bank Dunia No. 80 Pemukiman Penduduk Secara Terpaksa Dalam Proyek-Proyek Pembangunan. Jakarta: YLBHI

Anotasi :

Di buku ini, penulis menjabarkan banyak proyek pembangunan yang telah memaksa sekelompok masyarakat untuk berpindah pemukiman. Perpindahan semacam itu menimbulkan goncangan ekonomis budaya yang sangat berarti terhadap orang-orang yang bersangkutan dan juga terhadap jaringan sosial masyarakat-masyarakat setempat. Karena itu, menurut penulis mutlak perlu kebijakan yang memadai serta langkah-langkah yang terarah untuk mengurangi atau mengembalikan dampak negatif baik dari sisi pribadi-pribadinya dan terhadap ekonomi nasionalnya.

Buku ini juga menyajikan pedoman-pedoman dasar dan prosedur-prosedur yang harus ditempuh dalam proyek-proyek Bank Dunia yang mengakibatkan pemindahan penduduk. Prosedur-prosedur pelaksanaan itu telah disesuaikan dengan setiap tahap dalam siklus perencanaan dan pelaksanaan proyek-proyek tersebut, seraya memberikan saham dalam pertukaran informasi tentang cara-cara pendekatan yang mutakhir dalam pelaksanaan pemindahan penduduk secara terpaksa. Selain pihak yang langsung terlihat dalam keseluruhan proses pelaksanaan proyek pembangunan, buku ini juga menempatkan manusia sebagai subjek pembangunan.

Close Menu