Petunjuk Teknis Bank Dunia No. 80 Pemukiman Penduduk Secara Terpaksa Dalam Proyek-Proyek Pembangunan

Keterangan :

Buku merupakan koleksi di perpustakaan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.


Sitasi :

Cernea, Michael M. 1990. Petunjuk Teknis Bank Dunia No. 80 Pemukiman Penduduk Secara Terpaksa Dalam Proyek-Proyek Pembangunan. Jakarta: YLBHI

Anotasi :

Di buku ini, penulis menjabarkan banyak proyek pembangunan yang telah memaksa sekelompok masyarakat untuk berpindah pemukiman. Perpindahan semacam itu menimbulkan goncangan ekonomis budaya yang sangat berarti terhadap orang-orang yang bersangkutan dan juga terhadap jaringan sosial masyarakat-masyarakat setempat. Karena itu, menurut penulis mutlak perlu kebijakan yang memadai serta langkah-langkah yang terarah untuk mengurangi atau mengembalikan dampak negatif baik dari sisi pribadi-pribadinya dan terhadap ekonomi nasionalnya.

Buku ini juga menyajikan pedoman-pedoman dasar dan prosedur-prosedur yang harus ditempuh dalam proyek-proyek Bank Dunia yang mengakibatkan pemindahan penduduk. Prosedur-prosedur pelaksanaan itu telah disesuaikan dengan setiap tahap dalam siklus perencanaan dan pelaksanaan proyek-proyek tersebut, seraya memberikan saham dalam pertukaran informasi tentang cara-cara pendekatan yang mutakhir dalam pelaksanaan pemindahan penduduk secara terpaksa. Selain pihak yang langsung terlihat dalam keseluruhan proses pelaksanaan proyek pembangunan, buku ini juga menempatkan manusia sebagai subjek pembangunan.

  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • info@ylbhi.or.id
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu