Yap Thiam Hien: Pejuang Hak Asasi Manusia

Keterangan :

Buku ini merupakan koleksi perpustakaan YLBHI.


Sitasi :

T. Mulya Lubis dan Aristides Katoppo. 1996. Yap Thiam Hien: Pejuang Hak Asasi Manusia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

 

Dalam buku ini penulis menggambarkan sosok Yap Thian Hien sebagai sosok yang terjun dalam dunia politik karena didorong oleh realitas sosial dan diskriminasi konstitusional  yang ia alami. Sebagai sosok  penganut politik jalan lurus, Yap Thian Hien memiliki banyak rintangan dalam karier advokatnya. Dikenal sebagai advokat yang humanis dan pluralis dibuktikan dengan kepeduliannya yang sangat tinggi dengan penegakkan hak asasi manusia, dia menjadi pembela hak kliennya tanpa mementingkan uang, suku agama ras dan golongan. Dalam pengabdian beliau  yang tinggi dalam dunia advokasi dan kepeduliannya yang tinggi, beliau menjadi salah satu penggagas lahirnya lembaga bantuan hukum di dalam wadah Yayasan Bantuan Hukum Indonesia Bersama rekan advokat seperjuangannya yaitu Adnan Buyung Nasution dan mantan gubernur DKI Jakarta, Ali sadikin, serta rekan-rekan yang lain.

Buku ini juga memuat penggambaran sosok Yap Thian Hien menurut pandangan subyektif dan obyektif dari rekan seperjuangan Beliau sebagai sosok yang membangun negara ini seseuai dengan utopia yang ada di dalam pikirannya dengan memperjuangkan Hak Asasi Manusia, serta  memperjuangkan negara hukum yang berlandaskan demokrasi demokrasi, dan keadilan.

Dengan membaca buku ini, pembaca digiring untuk lebih memahami sosok Yap Thian Hien secara lebih dekat berdasarkan realita sejarah yang tergambarkan kala itu dan mampu membaca arah pikiran serta harapan idealisnya untuk Indonesia yang dibuktikan melalui perjuangan-perjuangan konkret yang ia lakukan selama hidupnya (contohnya andil beliau dalam Lembaga Konstituante dan kiprahnya sebagai salah satu pendiri YLBHI)  walau bayang-bayang minoritas masih tetap melekat dalam dirinya, ia jadikan identitas itu untuk tetap maju membangun Indonesia dan membela kaum yang “sepantasnya” dibela.

Pembaca berharap buku ini mampu mengajak generasi muda mengadopsi semangat Yap Thiam Hien untuk membangun Indonesia menjadi negara sesuai utopia negara idealis yang beliau harapkan berdasarkan demokrasi, hukum, dan berkeadilan tanpa padang bulu.

Close Menu