Konsultasi Nasional YLBHI dan PERADI

Pada tanggal 7 April 2018 yang lalu, bertempat di Hotel Cemara Wahid Hasyim. YLBHI bersama dengan PERADI dan perwakilan dari 25 kantor cabangnya, mengadakan Konsultasi Nasional. Kegiatan Konsultasi Nasional ini adalah salah satu dari kegiatan Penguatan Komitmen dalam Mengadopsi Modul dan Kurikulum Anti-korupsi dalam Kurikulum Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

Kegiatan Konsultasi Nasional ini dimulai dengan pembukaan dari Irianto Subiakto selaku ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat dan Berkelanjutan – PERADI dan disusul pembukaan oleh Arip Yogiawan selaku perwakilan dari YLBHI. Dalam pembukaan Irianto menyampaikan “Acara ini sangat penting bagi peradi kita, karena kita tidak cuma ingin memproduksi advokat, tetapi juga Advokat yang punya nilai. Bahwa ada keinginan untuk memasukkan modul-modul yang bersifat gerakan anti korupsi ke dalam kurikulim Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) kita”.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kerjasama YLBHI dan PERADI di tahun sebelumnya. Di tahun 2017 YLBHI bersama dengan PERADI sudah pernah melakukan kegiatan PKPA anti-korupsi pilot dan juga menyusun modul. Kegiatan pada tahun 2018 ini lebih difokuskan untuk penyempurnaan modul dan sosisalisasi modul anti-korupsi PKPA. Maka tujuan kegiatan Konsultasi Nasional ini adalah untuk mendapakan masukan-masukan dari para peserta Konsultasi Nasional yang berasal dari seluruh Indonesia, karena diketahui bahwa kegiatan korupsi di setiap daerah bisa saja berbeda-beda.

Kegiatan Konsultasi Nasional berjalan dengan sangat baik. Kegiatan disii dengan penjelasan Program adopsi materi Anti-Korupsi ke dalam PKPA oleh Febionesta – YLBHI, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi kelompok. Selama kegiatan peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan maupun masukan untuk Program adopsi materi Anti-Korupsi ke dalam PKPA ini. Sebelum kegiatan di tutup ada sesi Rencana Tindak Lanjut (RTL). Hasil dari sesi RTL adalah merumuskan masukan-masukan yang di dapat dari kegiatan konsultasi nasional ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan penutup dari Lutfi – PERADI dan Arip Yogiawan – YLBHI dan foto bersama. (April P)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
Close Menu