Laporan Tahunan 2005 YLBHI

Yayasan LBH Indonesia sebagai lembaga publik yang memperjuangkan penegakkan prinsip-prinsip demokrasi dan Hak Asasi Manusia berkewajiban untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat dalam menjalankan prinsip keterbukaan (disclosure) yang merupakan salah satu implentasi dari akuntabilitas lembaga. Berdasarkan hal itu, maka untuk yang ketiga kalinya, setelah Public Report 2003 dan 2004, YLBHI/LBH membuat laporan pertanggungjawaban pada publik atas aktivitas yang telah dilaksanakan selama tahun 2005.

Adapun parameter yang digunakan dalam melakukan penilaian terhadap kekurangan dan kelebihan atas aktifitas yang dilaksanakan YLBHI/LBH pada sepanjang tahun 2005, adalah:

  1. Apakah pelaksanaan program tahun 2005 tersebut mengarah pada tingkat ketercapaian visi dan misi organisasi.
  2. Apakah pelaksanaan program tahun 2005 tersebut konsisten dengan rencana program tahun 2002-2007 yang telah ditetapkan.
  3. Apakah mitra YLBHI-LBH mendapat multiply-effect yang berdaya guna atas implementasi program yang dilakukan pada tahun 2005.

Dengan parameter ini tentunya diharapkan penilaian terhadap laporan publik yang disusun oleh LBH/YLBHI ini akan terukur secara objektif.

YLBHI/LBH dikenal sebagai organisasi yang melakukan advokasi di wilayah Hukum, HAM dan Demokrasi. Ketiga wilayah advokasi tersebut merupakan core competence YLBHI/LBH yang dapat dilaksanakan secara bersamaan secara institusional. Hal ini merupakan aspek yang membedakan YLBHI/LBH dengan organisasi masyarakat sipil lainnya. Laporan ini akan memberikan gambaran pelaksanaan program yang telah dilakukan oleh YLBHI/LBH sepanjang tahun 2005, yang terkait dengan implementasi atas komitmen segenap pengurus YLBHI/LBH berdasarkan Keputusan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) YLBHI, tanggal 24-28 juli 2005, yang secara institusional telah disusun berdasarkan system dan mekanisme yang berlaku di dalam tubuh YLBHI-LBH.

Silahkan unduh Laporan Tahunan 2005 YLBHI (PDF, Bahasa Indonesia)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
Close Menu