Pelatihan Kader Dasar & Kalabahu LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya

27 Januari 2018 YLBHI yang diwakili Asfinawati berkesempatan mengisi 1 sesi Kalabahu yang diadakan LBH Ansor Tasikmalaya. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkuat LBH Ansor di Kabupaten Tasikmalaya. Dalam waktu sekitar 2 jam peserta yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya menapaktilasi evolusi bantuan hukum mulai dari yang karitatif hingga menjadi bantuan hukum struktural (BHS). Beriringan dengan itu dikenalkan pula konsep organisasi non pemerintah yang dikembangkan Mansour Fakih yaitu yang konformis, reformis hingga yang transformis.

Peserta dengan antusias mengikuti inti BHS yaitu penanganan kasus sebagai pintu masuk untuk melakukan perubahan struktural. BHS dilatari pemikiran adanya struktur relasi yang timpang. Peserta kemudian dikenalkan dengan relasi yang timpang antara negara dengan individu, negara dengan kelompok, kelompok/organisasi dengan kelompok, kelompok dengan individu bahkan individu dengan individu.  

Setelah memahami BHS kemudian peserta dikenalkan dengan alur dan strategi advokasi. Peserta yang beragam asalnya, mulai dari PMII hingga fatayat NU, ternyata menyimpan potensi besar. Baik yang sudah memiliki pengalaman advokasi maupun belum dapat mengikuti materi-materi dengan baik yang ditunjukkan dengan kemampuan menjawab pertanyaan maupun melontarkan pertanyaan kritis.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
Close Menu