LBH Padang Luncurkan Buku

Beranjak dari keprihatinan terhadap kondisi kerukunan umat beragama, serta banyaknya konflik yang terjadi antar umat beragama, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang mengadakan diskusi sekaligus peluncuran buku, kemarin (29/4) di Hotel Grand Zuri Padang.

Buku yang ditulis Pengabdi Bantuan Hukum LBH Padang, Roni Saputra, Taufik Fajrin, Era Purnama Sari, dan Deddi Alparesi itu mendapat apresiasi yang baik dari berbagai kalangan. Hal ter­se­but ditandai dengan alotnya dis­kusi yang diikuti 100 undangan yakni tokoh agama, mahasiswa, dan beberapa tokoh masyarakat.

Selain itu peluncuran dan dis­kusi buku dengan judul “Ketika Ke­bebasan Beragama, Berkeyakinan, dan Berekspresi Diadili” tersebut terlihat banyak masukan dan kriti­kan terhadap kondisi keberaga­man di Sumbar, masukan terhadap pe­merintah, dan masukan terha­dap masyarakat sumbar, disam­ping juga ada beberapa kritikan dan masukan terhadap substansi da­ri buku yang diluncurkan ter­sebut.

Direktur LBH Padang, Vino Oktavia mengutarakan, peluncu­ran buku tersebut lebih kepada upaya advokasi hukum, sekaligus memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang mendapat perla­kuan diskriminatif dalam proses penegakan hukum dan hak asasi manusia. “Ke depan, mudah-mu­da­han penegakan hukum dan hak asasi manusia yang mendapatkan perlakuan diskriminatif dapat di perbantukan,” ungkapnya.

Di samping itu lanjut Vino, hal tersebut dilakukan sebagai upaya mendorong proses penegakan hukum dan hak asasi manusia itu sendiri.

Dalam peluncuran dan diskusi buku tersebut, masing-masing penulis mengulas isi buku ini dari beberapa perspektif sesuai dengan kontribusi penulis dalam buku itu sendiri. Buku ini terdiri dari 5 bab, diantaranya; Bab I. Pendahuluan; Bab II. Jaminan dan Ancaman Kebebasan Beragama, Berkeya­kinan, dan Berekspresi; Bab III. Kondisi Kebebasan Beragama, Berkeyakinan, dan Berekspresi di Sumatera Barat; Bab IV. Pengha­kiman Atas Kebebasan Beragama, Berkeyakinan, dan Berekspresi; Bab. V. Upaya Advokasi Atas Pe­lang­garan Kebebasan Beragama, Berkeyakinan, dan Berekspresi.

 

 

Sumber : padangeskpres.com

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • [email protected]
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu