The Future of Indonesia-Netherlands Rule of Law Cooperation

inaneth

Tanggal 17-18 Januari di Universitas Atma Jaya diadakan Indonesia-Netherlands Rule of Law and Security Update. YLBHI berkesempatan terlibat mengisi salah satu panel yaitu The Future of Indonesia-Netherlands Rule of Law Cooperation di hari terakhir yang diampu KomnasHam dan Nuffic Neso Indonesia. Pembicara lain adalah ibu Enny Nurbaningsih – Kepala BPHN, Willem van Nieuwkerk – direktur eksekutif Centre for International Legal Cooperation (CILC), dan Prof. Adriaan Bedner dari VVI-Leiden.

Indonesia dan Belanda memiliki sejarah panjang kerja sama. Dalam konteks YLBHI hal ini terlihat dari dukungan perjuangan demokrasi dan negara hukum pada masa pemerintahan otoriter Orde Baru.

Kemiripan hukum Indonesia dengan Belanda, yang berasal dari masa kolonial Belanda, membuat kerja sama di bidang hukum dan peradilan merupakan satu titik strategis. Melacak terjemahan dalam hukum/bahasa aslinya akan bermanfaat dalam pembelaan masyarakat. Begitu pula melihat ketentuan-ketentuan represif yang masih berlaku di Indonesia yang di Belanda sudah tidak berlaku akan memberikan sumbangan pada reformasi hukum Indonesia.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *