Serangan Kepada LBH Papua : Ancaman kepada Pembela HAM, Advokat, dan Lembaga Bantuan Hukum, Usut Tuntas Segera

serangan kpd LBH Papua100

Siaran Pers YLBHI

Serangan Kepada LBH Papua : Ancaman kepada Pembela HAM, Advokat, dan Lembaga Bantuan Hukum, Usut Tuntas Segera

Senin 9 Mei 2022 sekitar pukul 04.00 WIT dini hari terjadi serangan dan teror dalam bentuk pembakaran sebuah motor milik salah satu staff di garasi kantor LBH Papua.

Berdasarkan informasi sementara yg didapat di sekitar lokasi kejadian ditemukan sumbu yg berbau minyak tanah dan plastik bekas terisi sisa bensin. Selain itu, berdasar investigasi singkat staff LBH Papua juga mendapat keterangan 2 orang warga yg berada disekitar lokasi yg menerangkan bahwa sebelum kejadian melihat satu orang memakai switer hitam, memakai topi, dan masker wajah lari keluar dari lingkungan kantor LBH Papua dan langsung naik motor terus pergi.

Terhadap aksi penyerangan tersebut, LBH Papua telah melakukan laporan ke kepolisan daerah Papua.

Aksi pembakaran tersebut harus dilihat sebagai serangan terhadap Pembela HAM. seperti yang diketahui, bahwa saat ini LBH Papua banyak melakukan advokasi terhadap kekerasan/militerisme yang dilakukan oleh negara, perampasan tanah masyarakat adat Papua, serta isu kebebasan sipil.

Serangan tersebut sekaligus menambah catatan serangan yang pernah terjadi di beberapa kantor/wilayah di lingkungan YLBHI. Sebelumnya serangan molotov juga terjadi di kantor LBH Yogyakarta. Meskipun sudah melakukan pelaporan ke kepolisan namun proses pengusutan terkesan lambat bahkan sampai hari ini belum ditemukan pelakunya.

Yayasan LBH Indonesia mengutuk dan mengecam keras teror dan penyerangan yang terjadi di LBH Papua dan meminta:

1. Kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk segera melakukan Penyelidikan dan Penyidikan secara serius dan transparan, serta segera menyerahkan ke Kejaksaan.

2. Kepada Komnas HAM untuk melakukan penyelidikan dan segera memberikan perlindungan Pembela HAM

_____

Yayasan LBH Indonesia
Narahubung:
Zainal Arifin (Ketua Bidang Advokasi Riset dan Kampanye)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *