PERNYATAAN SIKAP KOALISI NASIONAL ANTI PEMBANTAIAN PETANI

Setelah 13 hari pembunuhan pejuang lingkungan upaya aparat Kepolisian mengungkap kejahatan pembunuhan belumlah masuk kepada akar masalah konflik. Aparat kepolisian lamban melakukan penyelidikan atas kasus ini terbukti bahwa sampai sekarang baru orang sekeliling kepala desa yang diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka tetapi aktor pemicu dan pengambil keuntungan besar atas penmabnagan pasair besi di Lumajang belum disentuh.

Peristiwa pembunuhan terhadap Salim Kancil dan penganiayaan pada Tosan adalah potret krisis kemanusian sekaligus keadilan di negeri ini. Petani tidak hanya kehilangan lahan akibat ekspansi pertambangan melainkan juga harus kehilangan nyawa demi mempertahakan tanah dan kelestarian alamnya.

Krisis kemanusiaan ini tidak boleh dibiarkan terus terjadi di negeri ini. Perlu ada berbagai upaya segenap pihak untuk mengawal proses kehidupan berdemokrasi yang humanis. Potret perlakukan terhadap masyarkat kecil dan marginal di kampung-kampung harus dilawan dan itu perlu solidaritas rakyat untuk melawan ketidakadilan.

Salah satu aksinya adalah menggalang solidaritas rakyat di indonesia untuk melawan segala bentuk ketidakadilan dan pejarahan terhadap lahan pertanaian. Koalisi masyarakat sipil untuk Lumajang di Jakarta berkomitmen untuk mengawal kasus ini. Malam ini, kami mengadakan malam solidaritas nasional untuk mengajak publik melawan lupa sekaligus agar publik turut serta bersolidaritas dan mengawal kasus ini.

Pada malam solidaritas ini koalisi nasional menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Bahwa Salim Kancil dan Tosan layak dijadkan pahlawan para petani karena telah kukuh mempertahankan tanah dan kelestraian alam walaupun nyawa taruhannya
  2. Akan terus mengawal proses penyelesaian kasusi ini dan mengajak publik untuk terlibat untuk bersolidaritas agar pengusutan mafia pertambangan tidak dihentikan
  3. Meminta pemerintah untuk menghentikan seluruh aktivitas pertambangan yang hari ini ada di wilayah lumajang.
  4. Mendesak Pemerintah untuk melindungi kebebasan menyatakan sikap dan pendapat setiap warga negaranya
  5. Mendesak Polri untuk independepen dalam penangangan dan pengusutan kasus pembunuhan salim kancil dan praktek pertambangan illegal yang idduga melibatkan anggotanya.

Hormat Kami

KOALISI NASIONAL ANTI PEMBANTAIAN PETANI

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • info@ylbhi.or.id
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu