Tahun 2013, 14 Orang Tewas Akibat Kekerasan Aparat

Yayasan Lembaga Hukum Indonesia (YLBHI) mencatat sepanjang tahun 2013, kekerasan yang dilakukan oleh anggota TNI-Polri menyebabkan 14 orang tewas.

Direktur Advokasi YLBHI Bahrain menjelaskan, berbagai kekerasan yang dilakukan oleh aparat didominasi oleh TNI, di antaranya pembunuhan ibu dan anak di Garut oleh oknum TNI, penyerangan Mapolres OKU dan penyerangan LP Cebongan yang mengakibatkan empat tahanan tewas.

“Kita berharap negara jangan lalai atas semua kejadian ini,” kata Bahrain di Gedung YLBHI Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2013).

Menurutnya, pelaku tindak kekerasan yang dilakukan aparat, sangat sedikit yang dibawa ke proses pengadilan. “Kita tidak melihat proses pengadilan itu sampai mana, kita mendorong perubahan pengadilan militer. karena pengadilan militer harus memisahkan tindakan kejahatan umum dan militer,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, jika seorang aparat yang melakukan pembunuhan terhadap masyarakat sipil, sebaiknya diadili oleh pengadilan umum. “Disitulah letak profesionalitas, jika mereka melakukan tindakan umum harus diadili secara umum. Berbeda dengan tentara yang melakukan pencurian pada saat peperangan,” bebernya.

YLBHI juga menyoroti penangkapan bandar narkoba di Medan. Dalam penangkapan itu, dua pelaku tewas ditembak oleh anggota dari Direkotorat V Bareskrim Mabes Polri. “Biar bagaimana pun kita tidak setuju dengan narkoba. Tetapi informasi yang kita dapat dua pelaku sebelumnya ditangkap dan ketika ditemukan sudah tewas,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, operasi yang dilakukan Polri seharusnya lebih profesionalitas. Dia mendesak ada hukuman pada aparat penegak hukum yang melakukan kesalahan prosedur dalam penangkapan. Polri juga harus merubah mental anak buahnya. “Kita merasa negara gagal dalam proses ini, sehingga menjadi peradilan jalanan,” pungkasnya

 

Sumber : Okezone.com

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
  • (+62)21 - 3929840
  • (+62)21 - 31930140
  • [email protected]
  • Jl. Diponegoro No. 74, Menteng,
    Jakarta Pusat 10320

kantor LBH

Media Sosial

Berlangganan Kabar

© YLBHI 2018

Close Menu